The Power of Belief

Home / Kabar / The Power of Belief

ratihpicpost

“If you believe you can, you can”

Kata-kata tersebut bukan hanya sebuah kalimat motivasi, tetapi benar-benar terjadi ketika saya percaya bahwa saya bisa. Siapa menyangka, anak dari seorang single parent yang hanya bekerja sebagai pembantu bisa melanjutkan kuliah.

Kuliah adalah hal yang cukup sulit buat saya. Gaji ibu saya pun tidak cukup untuk membiayai kuliah, tapi saya tak pernah menyerah. Ketika saya percaya bahwa saya akan kuliah, suatu saat nanti, Tuhan jadikan semua itu menjadi kenyataan.

Cukup panjang waktu saya untuk mempercayai sebuah impian, 4 tahun setelah lulus SMA. Tahun demi tahun saya lewati dengan hanya memiliki iman dan pengharapan untuk bisa melanjutkan pendidikan. Saya tak pernah putus asa. Bahkan ketika banyak orang meremehkan, saya percaya bahwa dengan berani bermimpi, kita menjadi seorang yang memiliki visi dan misi.

Tidak Ada Kata Menyerah

Tahun-tahun sebelum kuliah, saya gunakan untuk kerja part time di sebuah bimbingan belajar. Di situlah saya mulai menabung dan membantu ibu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Saya tidak ingin merepotkan orang tua. Bahkan, untuk biaya kuliah pun saya ingin bisa membayar dengan uang hasil kerja saya sendiri.

Tepat pada tahun 2011, dengan berbekal uang Rp 600.000,- saya memberanikan diri mendaftar di Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Jumlah yang sangat jauh dari biaya kuliah yang harus saya bayar. Tetapi, saya masih tetap berjalan dengan iman. Saya hanya percaya bahwa di mana ada kemauan di situ pasti ada jalan. Tetapi tentu saja memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Setiap semester saya selalu mengantri paling akhir, karena harus meminta dispensasi untuk biaya kuliah yang menunggak.

Apakah saya menyerah? Tidak ada kata menyerah dalam hidup saya, karena saya percaya Tuhan pasti memberi jalan yang terbaik. Impian saya, visi saya, membuat saya bertahan dan percaya pasti ada hal terbaik yang Tuhan sediakan buat saya. Dan AAT, salah satu program beasiswa yang ada di kampus, merupakan sebuah harapan bagi saya.

The Power of Belief

Ketika harapan terwujud, nama saya disebut sebagai penerima beasiswa AAT. Itu merupakan hal yang luar biasa dalam hidup saya. Kini saya benar-benar percaya, bahwa keyakinan dan kepercayaan adalah kekuatan yang mampu mewujudkan impian. I believe and I can.

Saya mengucap syukur dan terima kasih pada donatur dan orang tua asuh di AAT yang Tuhan kirim untuk membantu saya mewujudkan impian. Saya berjanji kepada diri saya sendiri bahwa saya akan melakukan yang terbaik dan menjadi yang terbaik. Semangat para donatur yang selalu mempercayai impian setiap anak untuk tetap bisa bersekolah dan membantu mewujudkannya, sangat menginspirasi saya untuk seperti mereka kelak.

 

Belajar berorganisasi dan belajar bekerja bersama AAT.
Belajar berorganisasi dan belajar bekerja bersama AAT.

Di AAT, banyak hal yang saya dapatkan. Saya belajar berorganisasi dan belajar bekerja dengan tim. Bahkan, ketika saya melihat adik-adik SD, SMP, dan SMA yang memiliki impian yang sama dengan saya yaitu ingin tetap bisa sekolah, sekalipun dengan keadaan ekonomi orang tua yang sulit, mereka tetap bersemangat untuk terus melanjutkan pendidikannya. Hal itu sangat menginspirasi saya untuk lebih bersemangat dan bersyukur atas apapun yang terjadi dalam kehidupan saya.

Melalui AAT juga, saya belajar tentang kepedulian, empati, team work, dan kepekaan. Pertama kali survei, ada perasaan tidak percaya diri. Tapi ketika melihat anak-anak berkumpul, tersenyum dan antusias, saya merasa seperti melihat diri saya sendiri. Melihat impian mereka untuk tetap bersekolah, membuat saya merasa senang sudah menjadi bagian dari keluarga besar AAT yang luar biasa. Saya percaya, semangat dan keyakinan mereka akan mengantarkan mereka pada keberhasilan.

” Today’s dream is the threshold of tommorow’s discovery.”

 
Ratih Ajeng Oktorina
Staf Admin AAT Madiun
 
*Ratih Ajeng Oktorina adalah salah satu Anak Asuh AAT tingkat Perguruan Tinggi yang juga bertugas sebagai Staff Admin AAT Madiun. Merupakan mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, angkatan 2011.
 
[qrcode content=”http://aat.or.id/the-power-of-belief” size=”175″]
 
Please follow and like us:

Enjoy this blog? Please spread the word :)