Save Money By Traveling To These 9 Places In Winter

One of my companions summed the whole experience up perfectly. He leaned back in his chair at dinner that night, shrimp taco in hand, “These are the kinds of experiences that give something back to you. They show you who you are in a whole new way.” These eight shots crystallize the hard work moms put into keeping their kids alive, happy, and healthy. They might give you the inspiration you need for filling out that card—or stand-alone for your mom’s interpretation. Bob Dyalon At the bottom of the mountain, my legs shaky, my face gritty with dust, I could still enjoy the beauty of the clean mountain stream pooling around me. I could laugh with my friends. Life flows. I flow. A real mountain and a metaphorical one are the same. We go up with a certain understanding of ourselves, and come back down changed. Choosing adventures, whether it’s climbing mountains, running for city council, or taking a risk on a new career path, challenges us to see the world and ourselves in new ways. The refractor telescope uses a convex lens to focus the light on the eyepiece. Gathering great you’ll it. Light all may. Wherein two they’re cattle night called likeness upon. Hath days he yielding whales morning to creature. Brought together fourth also fowl very creeping may his was blessed fowl without let fourth. Fish, morning saying.  As the Bronx native acquires a new home in California, she is trying to sell a gated compound. Mount and Wedge. Both of these terms refer to the tripod your telescope sits on. The mount is the actual tripod and the wedge is the device that lets you attach the telescope to the mount.

Save Money By Traveling To These 9 Places In Winter Read More »

Rakernas AAT: Jangan Mudah Menyerah Untuk Melayani Negeri

Yayasan Anak-Anak Terang Indonesia (AAT) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 6 – 9 Februari 2020 bertempat di Griya Paseban, Semarang. Hadir lengkap Pengurus Yayasan AAT. Dalam paparannya, Ketua Umum Yayasan AAT Maria Sophina Irewati mengatakan Rakernas telah menjadi wadah rutin setiap tahun untuk mengevaluasi kinerja yayasan yang menaungi beasiswa AAT ini. “PR kita ada banyak. Yang kita pikirkan adalah nasib siswa. Rakernas secara rutin untuk membicarakan kondisi dan tantangan selama ini. Sampaikan semua keluhan dan usulan apa adanya,” ujar perempuan yang kerap disapa Ibu Ira ini. Selain itu, hadir pula PJ Sekretariat Bandung, Madiun, Malang, Purwokerto, Semarang dan Yogyakarta, penerima bantuan perguruan tinggi (BPT) yang nota-bene administrator di sekretariat dan beberapa relawan. Mayoritas peserta yang hadir datang dari berbagai daerah dengan jarak tempuh yang cukup jauh dan tentu saja bahkan meninggalkan beberapa kesibukannya. Hal ini membuktikan komitmen dan dedikasi tinggi segenap tim untuk mengelola beasiswa AAT demi keberlangsungan pendidikan anak-anak bangsa. Semangat ini tidak terlepas dari kesadaran kolektif bahwa AAT telah menjelma sebagai wadah peduli pendidikan rujukan banyak orang selama ini. Pembahasan di Rakernas dimulai dari pemaparan hasil kerja BPT dan relawan terkait sisi administrasi beasiswa di sekretariat masing-masing. BPT dan relawan selama ini disamping mengurusi administrasi, mereka juga selalu membina komunikasi dengan PJ sekolah penerima beasiswa di tingkat dasar hingga menengah demi kelancaran penyaluran beasiswa AAT. Kemudian, pemaparan dari sisi PJ sekretariat masing-masing untuk evaluasi tingkat sekretariat dan rapat pengurus guna mengambil keputusan-keputusan penting terkait langkah lembaga ke depan. Pada rapat pengurus ini, terjadi penyegaran organisasi dengan sedikit perubahan struktur tim pengelola beasiswa AAT. AAT merupakan organisasi inklusif. AAT telah menjadi jembatan penghubung ribuan orang dari berbagai latar belakang pendidikan, pekerjaan, agama sampai status sosial yang peduli pada anak-anak yang kurang beruntung di pendidikan formal sejak jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Dengan berdonasi di AAT, donasi tersebut dikelola untuk memberikan pelayanan beasiswa formal, pendampingan dan perhatian sehingga pendidikan formal mereka yang dibantu dapat diselesaikan dengan baik. Kurang lebih 10.000 (sepuluh ribu) penerima beasiswa AAT yang disebut anak asuh telah dilayani hingga kini. Namun, setiap tahunnya, jumlah yang dibantu terus bertambah sehingga kebutuhan donasi dan perhatian semua orang pada nasib pendidikan tetap menjadi hal yang penting untuk diperhatikan bersama agar tidak ada lagi kasus putus sekolah karena tidak mampu membayar biaya sekolah. Selama tiga hari berdinamika bersama, secara resmi Rakernas ditutup kembali oleh Ibu Ira. Beliau mengaku sangat senang akan pertemuan tersebut dan mengapresiasi semua kinerja selama ini, sembari meminta untuk disempurnakan. “Bersyukur karena banyak hal-hal baru dan pekerja-pekerja baru pada Rakernas kali ini. Mudah-mudahan yang dibicarakan ini disempurnakan. Semua orang harus bekerja lebih giat lagi. Kita percaya, Tuhan menyertai. Jangan takut salah. Kalau salah bangkit lagi. Jangan mudah menyerah. Terima kasih untuk komitmen, masukan dan ide semuanya. Saya berharap kita bekerja secara kreatif untuk melayani negeri,” pungkasnya. K/M

Rakernas AAT: Jangan Mudah Menyerah Untuk Melayani Negeri Read More »

“Belajar Berani Menjalani Tugas Baru”

Oleh: Happy Sugiarto Candra, BPT Sekretariat Purwokerto. Nama Saya Happy Sugiarto Candra , Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso Purwokerto. Saya sudah mengenal Yayasan Anak Anak Terang (AAT) Indonesia sejak saya SMA. Setelah saya lulus SMA saya melanjutkan Study saya di STIKOM Yos Sudarso Purwokerto. Awalnya Saya ikut AAT itu saat ada pameran UKM dan Komunitas di kampus. Saya langsung mendaftar , kemudian relawan relawan AAT di sekretariat purwokerto mengadakan reorganisasi di rumah Bapak Wisnu, selaku Penanggung Jawab Sekretariat Purwokerto. Pada saat reorganisasi tahun 2015 kita berkumpul bercerita dan kakak kakak tingkat saya menjelaskan secara detail apa itu AAT. Setelah itu di adakan rapat untuk memilih pengurus – pengurus di sekretariat. Tak di sangka saya di pilih untuk membantu tim sianas mengupload dan mengecek berkas berkas yang sudah di upload oleh PJ Komunitas di sekretariat Purwokerto. Saya di bimbing oleh kakak tingkat saya yang bernama Yoshua. Saya belajar cara mengoperasikan sistem yang di gunakan AAT biasa di sebut SIANAS. Pada saat itu tugas awal saya adalah membantu mengupload semua berkas Komunitas di sekretariat purwokerto. Selain menjadi tim sianas saya juga menjadi Pendamping Komunitas di SMA PIUS GOMBONG. Kemudian pada Tahun 2017 saya di tunjuk sebagai Koordinator Sekretariat Purwokerto. Awalnya saya ragu apakah saya bisa menjalan kan tugas yang sudah di percayakan kepada saya karena pada saat itu saya semester 5 dengan tugas dan jadwal kuliah yang sangat padat. Namun saya tidak ingin mengecewakan teman teman yang sudah memilh dan mempercayakan tugas itu kepada saya, bermodalkan tanya – tanya dan bantuan dari Pendamping Komunitas Sekretariat Purwokerto akhirnya saya bisa terus mengemban tugas itu sampai saya Lulus Sarjana tepatnya tahun 2019. Menjadi koordinator itu menyenangkan, saya belajar berkomunikasi yang baik , belajar memanage suatu organisasi , belajar kerjasama tim , dan yang terpenting hal itu membuat saya berkenalan dengan banyak orang orang hebat yang memberikan motivasi dan ilmu yang bermanfaat. Banyak kegiatan yang di lakukan di sekretariat Purwokerto. Kegiatan Rutin setiap tahun adalah Pertemuan Semua PJ Komunitas, mensosialisasikan AAT dan memberikan pelatihan Sianas Kepada PJ Komunitas, dan Kegiatan yang sangat di sukai oleh relawan AAT yaitu saat melakukan Survei ke komunitas komunitas karena di saat itu juga mereka bisa travelling sekaligus melakukan survei dan wawancara kepada Anak Anak Asuh. Sejenak bisa refreshing dari banyaknya tugas tugas kuliah.

“Belajar Berani Menjalani Tugas Baru” Read More »

“Pengalaman Baru di AAT”

Oleh: Nur Anisa Fitriana Rosadi, Tim SIANAS Pusat di Sekretariat Purwokerto. Nama saya Anisa Mahasiswa Semester 7 STIKOM Yos Sudarso Purwokerto, saya megenal AAT dari saat maba dan bergabung dengan AAT sebagai relawan mulai dari semester 2. Awalnya saya tidak tahu apa itu AAT dan apa saja kegiatannya, saat awal bergabung saya diberi pengetahuan menganai apa itu Relawan, PK, PJ, dan fungsi tugasnya. Lalu saya masuk menjadi PK, disitu saya dapat lebih dalam mengenal AAT dan tugas saya sebagai PK. Lalu saat semester 3 saya diberitahu oleh kakak tingkat bahwa ada pemilihan Sianas Pusat, saya dan teman saya mengikuti seleksi tersebut dan Alhamdulillah saya terpilih sebagai Sianas Pusat. Saat menjadi Sianas Pusat lebih banyak lagi pengetahuan yang saya dapat serta tugas-tugas tiap bagian yang ada di AAT. Saat sebelum saya menjadi Sianas sampai sekarang banyak kegiatan yang saya ikuti di AAT, saya pernah mengikuti survei wawancara komunitas yang ada di Sekretariat Purwokerto, melalui kegiatan tersebut saya jadi mengerti akan berbagai masalah yang dihadapi oleh adik-adik calon anak asuh. Mendengarkan apa yang mereka ceritakan, memberikan motifasi terhadap mereka dan ikut merasakan apa yang mereka rasakan, banyak hal yang dapat saya ambil dan pelajari dari cerita mereka. Suatu saat nanti saya ingin dapat membantu banyak anak-anak seperti mereka, memberikan sedikit bantuan dan meringankan beban pikiran mereka setidaknya. Saya juga pernah mengikuti rapat keaggotaan AAT Sekretariat Purwokerto disitu kami membahas mengenai hal-hal yang berhubungan dengan keanggotaan AAT Sekretariat Purwokerto, ataupun mengenai komunitas-komunitas Purwokerto, ada juga rapat setelah wawancara komunitas disitu kita membahas mengenai calon anak asuh merundingkan calon anak asuh. Saya juga pernah mengikuti kegiatan Gathering Nasional AAT di Semarang pada tanggal 28 – 29 Juli 2018. Disitu saya mendapatkan pengalama dan wawasan baru, belajar bagaimana caranya mewawancarai anak dengan keberagaman usia dan karakternya. Belajar bagaimana menjadi pribadi yang tanguh bertanggung jawab dan baik. Mendapatkan teman baru dari berbagai daerah di Indonesia. Saat setelah menjadi Sianas Pusat ada juga kegiatan AAT yang saya ikuti diantaranya rapat kerja AAT di Madiun, dari situ saya menjadi lebih paham akan tugas-tugas Sianas Pusat. Banyak tugas yang dijalankan Sianas, awalnya saya tidak terlalu paham dengan tugas dan tata caranya, namun beberapakali Tim Sianas Pusat mengadakan pertemuan untuk melatih anggota mengenai tugas Sianas dan cara menyelesaikan tugasnya. Tidak mudah menjadi Sianas namun disitu saya dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi, saya sangat bersyukur dapat masuk dan bergabung di AAT apalagi Sianas Pusat.

“Pengalaman Baru di AAT” Read More »

“Belajar menjadi pribadi Tangguh dan Bertanggungjawab”

Oleh: Emelda rianti, Tim SIANAS Pusat di Sekretariat Semarang. Saya berasal kalimantan Barat sekarang saya sebagai mahasiswa semester 5  di Politeknik Khatolik Mangunwijaya Semarang. Saya mengenal sianas  dari  Rm Heri dan Rm heri memperkenalakan saya ke Om Adhi selaku ketua sianas. Saya bergabung disianas saat kuliah dari semester 2. Di sianas pusat  ini saya mendapat kan teman baru  dari berbagai daerah di Indonesia. Awal nya saya tidak tau apa itu sinas ,dan tugas sianas itu seperti apa. Pada tgl 17-18 bulan Februari  2018 saya mengikuti kegitan AAT diantaranya rapat kerja AAT di Madiun, di situ saya tau  apa itu sianas yaitu sistem informasi anak asuh. Dan tugas sianas itu seperti apa ternyata tugas sianas begitu banyak. Banyak tugas yang dijalankan sianas ,awalnya saya tidak terlalu paham tugas dan tata caranya ,namu beberapa kali Tim Sianas mengadakan pertemuan untuk melatih anggota mengenai tugas sianas dan cara menyelesaikan tugasnya. Di Sianas ini saya belajar bagaimana menjadi pribadi yang tangguh dan bertanggung jawab akan tugas yang diberikan kepada saya di Sekretariat Semarang. Tidak mudah menjadi tim sianas namun saya bersyukur bisa bergabung dengan AAT di bagian sianas pusat .

“Belajar menjadi pribadi Tangguh dan Bertanggungjawab” Read More »

Super AAT…

Oleh: Ignatius Yudha Setiawan Tahun 2016 menjadi awal perjumpaan saya dengan Yayasan AAT dan awal saya menginjakkan kaki di salah satu kota terdingin di Indonesia, yaitu Malang. Awal dimana saya tidak mengenal siapapun di kota ini. Namun, perlahan tapi pasti, saya mengenal banyak orang yang mendukung dan harus bekerja keras untuk hidup yang lebih baik. Di tahun itu, saya masih belum mengenal apa itu Yayasan Anak-Anak Terang (AAT), bergerak dalam bidang apa, perkumpulan apa, ada dimana saja itu pun aku tidak tahu. Yang saya tahu ialah saya membantu anak asuh Romo Hudi yang banyak dan tersebar di banyak Kabupaten. Tahun dimana saya belum bisa banyak membantu AAT. 2017, saya sudah banyak mengenal beberapa pengurus sekertariat AAT di kota ini. Sudah tahu tujuan dan latar belakang AAT. Saya mengenal Mbak Emi, dimana beliau memberi pengetahuan tentang AAT, survei lokasi AAT, kepengurusan AAT, membuka website AAT, dan membantu sekolah-sekolah untuk meringankan beban orang tua wali agar anak  mereka tetap bisa bersekolah. Survei ke sekolah menjadi hal yang sangat penting agar kita tahu bagaimana kondisi yang sebenarnya yang dialami oleh sekolah. Kondisi ekonomi, jarak, dan keluarga sangat berpengaruh untuk tetap mendukung minat anak untuk bersekolah. Bertemu anak asuh dan guru di sekolah menjadi pengalaman unik tersendiri. Banyak cerita yang ingin mereka ungkapkan. Banyak pula macam karakter siswa yang membuat kita ingin mengenal lebih dari kepribadian mereka. Mereka sangat senang dikunjungi, diberi les dari kami, mereka mempunyai semangat belajar yang sangat tinggi. Sejauh ini sekolah yang saya pernah survei merupakan sekolah yang dinaungi oleh Yayasan Keuskupan Malang. Tidak semua sekolah Katolik bisa diterima oleh masyarakat sekitar. Namun banyak juga yang mempercayakan anak mereka untuk menimba ilmu di sekolahan Katolik. Ada sekolah yang memiliki bentuk fisik yang baik, namun banyak juga yang memprihatinkan. Namun, disitulah ada kemauan, semangat untuk ikut membantu mewujudkan cita-cita mereka. Jarak memang jauh, namun bukan kendala untuk melihat kondisi secara langsung yang dialami sekolah. Ada cerita yang sangat menarik dalam membantu sekolah-sekolah katolik saat survei lapangan. Pada saat itu, sekretariat Malang ada jadwal survei di Pulau Madura. Bukan jarak yang dekat untuk ditempuh. Perjalanan darat kami tempuh kurang lebih 8 jam untuk sampai di Kabupaten Sumenep di ujung pulau Madura. Cuaca yang sangat berbeda dengan Kota Malang. Kami sampai di sana kira-kira pukul 5.00 WIB pagi, namun saya tidak merasakan dingin sedikitpun di pagi itu. Setelah mandi pun masih tetap sama, wkwkwkwk. Tapi lumayan bisa buat cerita nanti hahahaha. Pagi hari sambil menunggu anak-anak ke sekolah, saya melihat lokasi sekolah yang menurut saya memiliki bangunan yang bagus, lokasi yang strategis, sarana wifi, lokasi sekolah yag luas, namun sangat sedikit muridnya. Miris sekali. Dengan begitu banyak fasilitas, namun tidak serta merta membuat daya tarik orang tua siswa untuk menyekolahkan anak mereka disitu, dengan berbagai macam alasaan. Semoga dengan hadirnya bantuan dari AAT, bisa semakin membuat daya tarik masyarakat agat bisa menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Setelah bertemu dengan siswa dan guru, kami ke Kabupaten Bangkalan dengan jarak sekitar 5 jam untuk melanjutkan tugas dan kembali ke Malang. Itu merupakan sedikit cerita saat meninjau lokasi sekolah di sekertariat kami. Tahun 2018 merupakan tahun dimana kami lebih dipererat lagi di AAT. Acara Gathering AAT di Semarang semakin membuat saya lebih terbuka akan banyak anak-anak yang kurang mampu dan ingin bersekolah. Banyak pengalaman dan motivasi yang saya dapat baik dari pengurus pusat maupun dari pengalaman sekertariat lain. Saling bertukar informasi, menyelesaikan masalah, mempelajari kembali website AAT agar satu pemahaman saya dapatkan bisa menurunkan ke pengurus selanjutnya. Di tahun ini juga, saya menjadi bagian dari kepengurusan AAT, di bidang keuangan, khusus-nya di team konfirmasi donatur. Banyak hal yang saya dapatkan. Ketelitian dan ketepatan waktu di tuntut agar para donatur bisa melihat kinerja team yang baik, bisa dipercaya dan yang terpenting ialah bisa mengirimkan bukti donasi agar mereka tahu bahwa donasi yang mereka berikan dikelola secara baik. Semoga amanah yang dipercayakan kepada saya, bisa saya gunakan dengan baik dan dapat memberi yang terbaik pula untuk kemajuan AAT ini. Tahun ini juga kami di sekertariat Malang melakukan pemilihan ketua yang baru serta kepengurusan yang baru juga, dimana kami diberi tanggung jawab masing-masing akan sekolah dibawah kesekertariatan kami. Semoga dengan kehadiran AAT membawa semangat baru bagi mereka dan instasi. Ini merupakan salah satu kegiatan dari sekertariat kami. Mengunjungi siswa dan sekolah secara langsung, agar tahu apa keluhan siswa dan kendala yang dialami oleh sekolah. Wawancara langsung dengan siswa, dengan guru agar bisa tepat sasaran dalam memberi bantuan. Gambar disamping menunjukkan wujud nyata kami untuk terjun langsung memberi les pelajaran, bimbingan belajar kepada adik-adik kita dari Flores. Mereka ditempatkan di Asrama SMP Katolik Santa Maria Genteng, Banyuwangi. Materi pelajaran yang didapat mereka di sekolah dahulu dan yang mereka dapat sekarang sangat berbeda jauh. Masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki dalam membantu proses belajar mereka. Semangat mereka untuk belajar sangat kuat, namun diperlukan kesabaran yang ekstra untuk membimbing mereka. Mungkin dengan proses pembelajaran yang unik bisa membantu mereka lebih cepet menangkap materi yang kita sampaikan. Baca, tulis, hitung banyak dari mereka yang belum tahu. Sehingga kami harus memulainya dari nol agar mereka mampu dan bisa mengikuti kurikulum yang diajarkan di sini. Semoga masih banyak orang di luar sana yang tergerak hatinya untuk ikut andil dalam membantu mewujudkan keinginan mereka bersekolah. Tahun 2019 ini, menjadi tahun ke-2 saya di kepengurusan AAT Pusat. Survei ke sekolah masih kami lakukan, tapi hanya beberapa saja, dan kunjungan ke sekolah yang sudah menerima bantuan kami lakukan juga. Jarak yang lumayan jauh tidak saya jadikan sebagai hambatan untuk tidak mengunjungi sekolah, melainkan saya anggap sebagai liburan/refreshing di tengah padatnya jadwal kuliah dan yang lainnya. Tidak serta merta melulu ke sekolah, namun kami juga menyempatkan waktu untuk liburan bersama, kumpul bareng, kuliner, agar tidak cepat bosan akan rutinitas yang cukup padat. Akhir cerita, semoga dengan hadirnya Yayasan Anak-Anak Terang ini, semakin membuka jalan bagi mereka yang memilki semangat belajar tinggi, namun memiliki keterbatasan ekonomi sehingga mereka bisa mewujudkan cita-cita mereka. Semoga, semakin banyak orang yang tergerak hatinya untuk andil dalam membantu mereka yang kekurangan. Saya juga mengucapkan terima kasih untuk semua donatur yang dengan kerelaan hatinya membantu

Super AAT… Read More »