Pengalaman Survei Paling Berkesan

Pengalaman Survei Paling Berkesan

Oleh: Tata Adika

Salam Sejahtera!

Satu detik yang lalu adalah masa lalu dan tidak akan pernah bisa kembali. Waktu adalah anugrah Tuhan yang begitu luar biasa. Tapi tidak banyak orang yang bisa menghargai itu. Mungkin saya adalah salah satu dari sekian banyak orang yang belum bisa menghargai waktu.

Pekenalkan nama saya Tata Adika. Teman-teman biasa memanggil saya Tata, saya lahir di Malang pada tanggal 20 November 1997. Saya merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Saat ini saya adalah mahasiswa tingkat akhir yang disibukkan dengan skripsi di Universitas Katolik Widya Karya Malang. Saya mengambil jurusan Akuntansi. Rasanya bila ditanya mengenai cita-cita, saya sedikit bingung. Bahkan sejak SD, SMP, dan SMA ketika ditanya cita-citamu apa? Saya selalu jawab berbeda.

Seiring bertambahnya usia dan mulai pahamnya saya tentang cita-cita, maka saya mencoba memiliki cita-cita yang realistis saja. Bila dikaitkan dengan jurusan kuliahku saat ini, cita-citaku bekerja dibagian keuangan suatu perusahaan swasta/negeri. Selain sebagai pekerja/karyawan saya ingin membuka toko grosiran. Yahh… harapan hanya sebuah harapan. Saya sebagai manusia hanya berusaha, Tuhan yang menentukan. Jika memang Tuhan berkehendak lain, maka mungkin itu yang terbaik. Yang perlu saya lakukan sekang adalah berjuang sekuat tenaga untuk mewujudkan harapan saya.

Saya senang sekali menambah pengalaman, pengetahuan baru dan bergaul dengan lingkungan yang baru. Tahun 2016, Saya adalah salah satu anak asuhnya Rm Hudiono yang dikuliahkan. Awalnya saya mengira hanya tanggungjawab personal dengan romo, ternyata anak asuhnya romo ini cukup banyak dan selalu ada acara kumpul bersama sembari ngobrol dan saling berkenalan. Dari beberapa yang berbincangan, saya mendengar mengenai Yayasan AAT dengan banyak versi. Tetapi saya baru memahami apa itu Yayasan AAT dua tahun kemudian tepatnya tahun 2018. Saya yang tidak mengetahui apa itu Yayasan AAT, disuruh menggantikan mas Andrew untuk mengikuti RAKERNAS di Biara Jayagiri Malang. Dari situlah saya mengerti apa itu Yayasan AAT dan mengenal Ketua Sekretariat yaitu Mbak Emy dan pengurus lama seperti Mas Putra dan Om Adi dsb.  

Pengalaman saya selama mengikuti kegiatan survei yang paling berkesan dan sampai detik ini yang paling kuingat selalu adalah survei 14 sekolah, yayasan Karmel, dan 1 panti. Sebagai orang baru pada waktu itu, dan belum mengetahui cara kerjanya, saya bertanya-tanya bagaimana langsung disuruh terjun ke lapangan dan praktik sosialisasi? Bagaimana cara upload dan seterunysa? Dalam waktu 4 hari 3 malam keliling dari Malang, Pasuruan, Lumajang sampai Banyuwangi. Saat itu bersama Om Adi yang menjabat sebagai Tim SIANAS kalu tidak salah, beliau datang jauh-jauh dari Semarang mengajak kami untuk survei. Bertemu dengan orang baru dan tinggal bersama anak-anak panti, bagi saya itu hal yang sangat luar biasa. Dan, pada saat itu saya pernah survei ke Bangkalan Madura dimana berangkat malam naik travel sampai disana pagi sekitar pukul 02.00 WIB tinggal di mess bersama Mas Putra.

Puncaknya adalah Gathering AAT 2018, saya sangat bersyukur bisa bergabung dan bertemu dengan orang-orang hebat yang memberikan banyak motivasi yang berharga untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna bagi sesama. Harapanku untuk Yayasan AAT ke depan bisa menunjukkan eksistensinya terus dan berkembang pesat pelayananya kepada anak-anak untuk bisa menggapai cita-citanya. Terimakasih banyak untuk Yayasasan AAT atas bantuan finansial berupa living coast setiap bulan yang sangat membantu sekali untuk memenuhi kebutuhan saya. Dan, terimakasih para donatur yang setia terus dalam mendukung anak-anak untuk bisa melanjutkan sekolahnya.

*Tata Adika adalah Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Katolik Widya Karya Malang dan Penerima Beasiswa Yayasan Anak-Anak Terang. Saat ini Adika sedang dalam proses menyelesaikan skripsinya.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enjoy this blog? Please spread the word :)