RPAA Anak Anak Terang

Home / Kabar / Berita AAT / RPAA Anak Anak Terang

Rekoleksi Pendampingan Anak Asuh (RPAA) Anak Anak Terang

Wisma Santi Darma, 11-12 Mei 2013

 

Misi Anak Anak Terang (AAT) disamping memberikan pelayanan beasiswa pendidikan formal bagi anak-anak asuh, adalah juga mendampingi  anak-anak asuh dengan perhatian dan kasih sayang sehingga mereka dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik. Dalam kenyataannya, misi pendampingan yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari pelayanan beasiswa ternyata kurang mendapatkan perhatian dari kita semua. Hal ini menyebabkan timbul banyak persoalan yang mengganggu proses belajar anak asuh, yang pada akhirnya memberikan hasil belajar (raport, nilai, indeks prestasi) tidak baik.

Sehubungan dengan pentingnya pendampingan bagi keberhasilan belajar anak asuh, maka AAT menyelenggarakan Rekoleksi Pendampingan Anak Asuh (RPAA) pada tanggal 11-12 Mei 2013 di Wisma Santi Darma, Godean Yogyakarta. Maksud diadakannya RPAA adalah diharapkan para Penanggung Jawab (PJ) dan Pendamping Komunitas (PK) dapat mengenal spiritualitas AAT secara lebih mendalam, terjalin keakraban diantara PJ, PK, maupun pengurus AAT.

Tujuan umum RPAA adalah merencanakan, merumuskan, serta menjalankan Program Pendampingan Anak Asuh. Sedangkan tujuan khusus dari rekoleksi ini agar PJ dan PK mampu mendampingi Anak Asuh dalam mengatasi kesulitan serta hambatan dalam studi sebagai bagian dari perjuangan mencapai cita-cita. Maka dari itu program pendampingan dirasa sangat penting bagi keberhasilan belajar anak asuh. PJ dan PK juga turut mendampingi Anak Asuh dalam mengembangkan aspek-aspek kepribadian secara utuh : fisik, intelektual, emosional, serta spiritual agar mereka bisa menjadi berkat bagi sesama.

RPAA AAT dibimbing oleh Romo Ag. Agus Widodo, Pr. dan Ibu Dra. Luh Komang Sri Budiastuti (Kepala Sekolah SMK Marsudi Luhur 1 Yogyakarta), serta para pengurus AAT.

 

Foto bersama para peserta RPAA AAT.
Foto bersama para peserta RPAA AAT.

Acara ini berlangsung meriah, sukses, dan menimbulkan reaksi yang positif dari para pesertanya. Peserta yang terdaftar sebanyak 125 orang yang terdiri dari romo, bruder, suster dan para pendidik (Kepsek dan guru BP), staff admin juga relawan AAT yang berasal dari Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, Madiun, Purworejo, Malang, serta kota lainnya.

Hari Pertama RPAA AAT

Pada hari pertama, 11 Mei 2013, peserta tiba di Wisma Santi Darma sekitar pukul 14.00-15.00 WIB. Peserta kemudian dipersilakan mengisi daftar hadir yang telah disiapkan oleh panitia. Saat mengisi daftar hadir, tiap-tiap peserta selain mendapatkan co-card yang harus dikenakan selama acara berlangsung, juga mendapatkan bingkisan yang berisi kaos, tempat pensil, dan sticker berlogo AAT. Sesudahnya, para peserta diperbolehkan untuk langsung mandi maupun beristirahat sejenak mengingat banyak dari mereka yang berasal dari luar Yogyakarta. Acara dilanjutkan dengan snack sore.

 

Pengenalan Spiritualitas AAT oleh Bapak Hadi Santono dan Bapak Christianus Widya Utomo.
Pengenalan Spiritualitas AAT oleh Bapak Hadi Santono dan Bapak Christianus Widya Utomo.

Tepat pukul 16.30 RPAA AAT dimulai dengan pembukaan dan juga perkenalan dari tiap-tiap peserta. Di hari pertama ada 3 acara utama. Pertama, pengenalan spiritualitas AAT yang disampaikan oleh Bapak Hadi Santono dan Bapak Christianus Widya Utomo selaku pengurus AAT. Kedua, penyampaian prosedur dan tata cara pengelolaan beasiswa AAT oleh Christina Suryani dan Fransiska Mulyani yang merupakan Staff Administrasi AAT. Dan yang ketiga adalah diskusi ringan dalam kelompok yang telah dibagi sebelumnya. Materi diskusi adalah tentang pendampingan PJ selama ini, hambatan yang dihadapi sebagai PJ, serta penyelesaian kasus-kasus yang biasa dihadapi.

Dalam setiap selingan acara, diadakan games dan nyanyi bersama. Para peserta mengikuti dengan antusias acara-acara yang telah disiapkan. Tepat pada pukul 22.40, hari pertama dari RPAA AAT ditutup dengan doa, selanjutnya para peserta dipersilakan untuk beristirahat.

Hari Kedua RPAA AAT

Hari kedua, 12 Mei 2013, acara dimulai dengan sarapan pukul 07.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan foto bersama. Semangat dan keceriaan sangat terlihat sebab keakraban yang sudah terjalin di antara para peserta. Di hari kedua ini, para peserta diajak untuk berdiskusi mengenai program pendampingan anak asuh yang akan dijalankan oleh para PJ untuk kedepannya. Acara ini didampingi oleh Rm. Ag. Agus Widodo, Pr. dan Ibu Dra. Luh Komang Sri Budiastuti selaku pembimbing rohani AAT.

Rangkaian acara RPAA ditutup dengan Misa Kudus yang dipimpin oleh Rm. Ag. Agus Widodo, Pr. diteruskan dengan makan siang bersama. Sebelum pulang, para peserta dibagikan sertifikat yang telah disiapkan oleh panitia.

Secara keseluruhan, acara RPAA ini berlangsung baik, lancar, dan meriah. Tujuan pengakraban untuk PJ, PK, maupun pengurus telah tercapai. Semoga program pendampingan anak asuh AAT yang telah dirumuskan dalam RPAA ini pun dapat terlaksana dengan baik.

 

Diliput oleh :

Maria Claudia Alma Nahak
Ikka Marissa Roberta
Dica Herra Vidianti
 
[qrcode content=”http://aat.or.id/rpaa-anak-anak-terang/” size=”175″]
 
 
Please follow and like us:

Enjoy this blog? Please spread the word :)