Liputan Rekoleksi AAT 2014

aatrekpost

RRI-Jogja News/L-09, Sebanyak 130 pemuda anggota Yayasan Anak-Anak Terang (AAT) Indonesia dari enam kota di Tanah Air, selama dua hari Sabtu dan Minggu (12-13 April 2014), mengikuti program Rekoleksi Nasional bertempat di Wisma Duta Wacana Kaliurang Yogyakarta.

Koordinator Pelaksana Kegiatan AAT 2014, Ikka Marissa Roberta kepada RRI menjelaskan, ajang temu dari setiap relawan dan pembimbing dari Padang, Pontianak, Malang, Madiun, Purwokerto, Semarang dan Yogyakarta selaku tuan rumah, dimaksudkan untuk mempererat hubungan antar relawan yang berjuang meneliti langsung calon-calon penerima beasiswa di lapangan dalam tema “Good Attitude, Great Altitude”.

Laporan dari UNICEF Tahun 2012 bahwa di Indonesia 2,5 juta anak-anak usia 7 (tujuh) hingga 15 tahun tidak bersekolah dan anak-anak dari keluarga miskin berkemungkinan empat kali lebih besar untuk putus sekolah dibandingkan dengan anak-anak dari keluarga kaya.

 

YAAT2Web(1)Dalam forum diskusi, Romo Handoko dan Hadi Santono S.T., M.T. selaku pembina Yayasan memotivasi para relawan dan anak asuh untuk lebih mengembangkan kepribadian yang unggul dan mandiri. Rekoleksi merupakan program pendampingan AAT untuk mempersiapkan relawan dan anak asuh menjadi calon pemimpin masa depan yang memiliki karakter kuat dan kompetensi yang baik, sehingga kelak mereka mampu meningkatkan prestasi.

Yayasan AAT Indonesia adalah yayasan beasiswa teruntuk anak-anak kurang mampu untuk tetap bisa sekolah, berdiri sejak 1 Agustus 2002 dengan misi memberikan layanan beasiswa pendidikan formal bagi anak-anak asuh dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK hingga Perguruan Tinggi yang kini tercatat ada 2.672 anak dengan dukungan 1.126 donatur.

Info lebih detail bisa diakses pada email: beasiswa@anakanakterang.web.id. Adapun rekening untuk penyaluran Atas nama: Yayasan AAT Indonesia via BCA : 037-3-51111-8 dan Mandiri : 137-00-0044555-7.

Dikutip dari berita Rekoleksi Anak-anak Terang Indonesia di Yogyakarta, http://www.rrijogja.co.id/nasional/sosial/5475-rekoleksi-anak-anak-terang-indonesia-di-yogyakarta

 

Rekoleksi Nasional Relawan AAT 2014

mhspost

Sebanyak 5 mahasiswa Akademi Farmasi Theresiana (Theodora Laras W, Natalia Agasi, Risdya Wulansari, Fransisca Jenesia, Agnes Lensa) tergabung sebagai relawan dalam komunitas AAT (Anak-Anak Terang). Sejak Oktober tahun lalu kami bergabung dengan AAT dan banyak kegiatan yang sudah kami lakukan. Beberapa waktu yang lalu tepatnya tanggal 12-13 April 2014, AAT mengadakan rekoleksi nasional dengan tema “Good Attitude, Great Altittude”. Rekoleksi nasional ini diikuti oleh sekertariat AAT di seluruh Indonesia yaitu Semarang, Jogjakarta, Purwokerto, Malang, Madiun, Padang, dan Pontianak. Jumlah peserta dari seluruh sekretariat adalah sekitar 132 orang.

Kami berangkat tanggal 12 April bersama anggota sekretariat AAT Semarang yang lain. Anggotanya meliputi mahasiswa dari beberapa universitas atau akademi di Semarang. Seperti AKIN, UNIKA, POLINESS, dan STIKOM. Sekitar pukul 07.00 WIB perjalanan dimulai menuju Kaliurang-Jogjakarta. Acara rekoleksi diadakan di Wisma Duta Wacana-Kaliurang. Kami tiba di Kaliurang sekitar pukul 11.00 WIB.

Acara rekoleksi dimulai dari registrasi peserta, pembagian kamar, pembukaan, foto bersama dan foto masing-masing sekertariat, dan istirahat. Foto per sekretariat diupload di FB dan dilombakan. Foto dengan like terbanyak akan menjadi pemenang. Pemenang lomba foto ini adalah sekretariat Semarang. Kemudian dilanjutkan sesi I dengan pembicara Bapak Hadi Santoso selaku ketua Yayasan AAT Indonesia dengan topik “Pengelolaan Beasiswa Komunitas”. Lalu acara makan malam dan dilanjutkan sesi II dengan pembicara Rm. Handoko, MSC dengan tema pembicaraan “Open Your Mind and Change Your Attitude”. Melalui kedua sesi ini kami tentunya mendapat ilmu baru yang berguna bagi kami. Acara selanjutnya adalah perkenalan pembimbing AAT dari masing-masing sekretariat dan pensi atau performance dari masing-masing sekretariat. Setelah acara perkenalan, pengurus AAT memberikan apresiasi kepada 15 mahasiswa yang memiliki IPS dan IPK diatas 3,50. Salah satu mahasiswa Akfar mendapatkan apresiasi tersebut yaitu Natalia Agassi.

Acara dilanjutkan dengan pensi hingga pukul 23.30. Masing-masing sekretariat memberikan penampilan yang dinilai oleh juri dan akan dicari pemenangnya, yaitu menyanyi, drama, tari-tarian. Pemenang pertama diraih oleh sekretariat Madiun, pemenang kedua sekretariat Semarang, dan pemenang ketiga sekretariat Jogja. Kemudian dilanjutkan istirahat dan tidur malam.

Kegiatan hari kedua, 14 April 2014 adalah senam pagi pukul 06.00, makan pagi, outbond, acara penutupan, makan siang, dan foto bersama menggunakan jas almamater. Melalui acara ini kami mendapatkan banyak teman baru dari berbagai kota di Indonesia. Kami dapat saling berbagi cerita mengenai pengalaman selama bergabung di AAT maupun bercerita mengenai kuliah. Kami pun dapat saling bekerja sama melalui kegiatan outbond yang dibentuk kelompok secara acak, sehingga kami bertemu dengan teman baru dan belajar menjalin relasi yang baik dengan orang yang baru dikenal.

Ketika acara penutupan terlihat semua relawan memakai jas almamater milik mereka, berbagai warna terlihat ada yang merah, coklat, kuning, biru tua, krem. Sangat menyenangkan bisa bertemu banyak teman baru dari berbagai daerah. Saat yang paling ditunggu adalah foto bersama dengan semua relawan dengan memakai jas almamater. Setelah itu masing-masing sibuk berfoto dengan yang lainnya sebagai kenang-kenangan. Tentunya ada rasa bangga dari kami mahasiswa akfar bisa bergabung dengan mereka semua. Kami berharap semoga ada relawan baru yang bisa ikut bergabung dengan AAT, terutama dari Akfar Theresiana.

Credit : Natalia Agassi

Dikutip dari berita Rekoleksi Nasional Relawan AAT 2014, http://akfar.theresiana.ac.id/berita/seputar-akfar-theresiana/459-rekoleksi-nasional-relawan-aat-2014

 

[qrcode content=”http://aat.or.id/liputan-rekoleksi-aat-2014″ size=”175″]

 

Please follow and like us:

Enjoy this blog? Please spread the word :)