Pengajuan Beasiswa

Home / Anak Asuh / Mengajukan Bantuan / Pengajuan Beasiswa

Proposal Permohonan Beasiswa

Anak Anak Terang (AAT) membuka kesempatan kepada sekolah/komunitas untuk mengajukan permohonan beasiswa setiap awal semester. Beasiswa diberikan kepada siswa-siswi yang berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi namun memiliki keinginan kuat untuk menyelesaikan studinya. Beasiswa diberikan untuk jenjang pendidikan SD, SMP dan SMU/SMK berupa uang sekolah (SPP).

 

  1. Anak asuh memohon beasiswa melalui sekolah atau komunitas
  2. Penanggung Jawab (PJ) membuat proposal permohonan beasiswa
  3. PJ menyerahkan Proposal Permohonan ke AAT
  4. Seleksi Tahap 1 (Seleksi Administrasi)
  5. Seleksi Tahap 2 (Interview dan wawancara dengan PJ)
  6. Seleksi Tahap 3 (Kunjungan dan Wawancara dengan calon anak asuh)
  7. Penetapan Penerima Beasiswa AAT, dan akan dikirimkan Surat Keputusan yang berisi Daftar Anak Asuh yang disetujui kepada sekolah atau komunitas pemohon beasiswa.

 

5. Garis Besar Isi Proposal Permohonan Beasiswa AAT

Profil sekolah/komunitas

Uraikan dengan detil mengenai profil sekolah/komunitas secara lengkap, meliputi data demografi sekolah, jumlah kelas, jumlah siswa, jumlah guru, fasilitas, sarana dan prasarana yang ada. Uraian dilengkapi dengan foto-foto pendukung

Profil daerah/wilayah anak asuh

Uraikan dengan detil mengenai kondisi daerah/wilayah domisili sebagian besar calon anak asuh, meliputi kondisi sosial dan ekonomi masyarakat, tingkat pendidikan, maupun mata pencaharian sebagian besar orangtua calon anak asuh. Uraian dilengkapi dengan foto-foto pendukung

Rincian Kebutuhan Uang Sekolah

Uraikan dengan detil mengenai kebutuhan finansial untuk pendidikan anak asuh, meliputi pemasukan dan pengeluaran sekolah, sehingga didapatkan besarnya uang sekolah yang harus ditanggung oleh calon anak asuh. Dari angka tersebut, jelaskan besarnya uang sekolah yang harus ditanggung oleh orangtua dan besarnya beasiswa yang dimintakan dari AAT.

Biodata AnakAsuh

Cantumkan selengkap-lengkapnya biodata dari masing-masing anak asuh, berikan deskripsi singkat dan jelas mengenai kondisi keluarga dan perekonomian calon anak asuh, cantumkan juga prestasi akademik dan non-akademik yang pernah diraih calon anak asuh (jika ada), dan sertakan foto calon anak asuh.

Keterangan Pendukung

Beasiswa AAT merupakan beasiswa bagi anak-anak yang berasal dari keluarga miskin, namun memiliki semangat untuk terus bersekolah demi menggapai kehidupan yang lebih baik di masa depan. Cantumkan keterangan-keterangan pendukung untuk memberikan kejelasan dan keyakinan bagi AAT bahwa calon anak asuh di dalam proposal benar-benar layak dan membutuhkan beasiswa AAT demi kelangsungan pendidikannya.

Biodata Calon Penanggungjawab

Cantumkan selengkap-lengkapnya biodata dari calon penanggungjawab anak asuh AAT meliputi : nama lengkap, agama, pekerjaan dan jabatan, alamat kantor, telepon/fax kantor, alamat rumah, telepon/fax rumah, no. handphone, alamat email, no. rek. BCA/Mandiri/BRI]

 

  • Semua dokumen (laporan, raport, dll) Harus berukuran A4 (kuarto)
  • Dokumen Jangan Dijilid, tetapi cukup dimasukkan ke dalam MAP berwarna kuning (SD), merah (SMP), dan hijau (SMA/SMK)
  • Bentuk dokumen : Jika memungkinkan Hardcopy,  berbentuk SOFTCOPY (format MS Word dan JPG untuk gambar/foto) jauh lebih praktis – dikompresi dalam 1 folder (format ZIP)
  • Dikirimkan ke Sekretariat Beasiswa AAT terdekat, dan/atau email ke email Sekretariat AAT terdekat cc: beasiswa@aat.or.id.
Catatan:
  1. Rekening harus atas nama INSTITUSI. Jika menggunakan rekening atas nama pribadi, maka harus menyertakan Surat Pernyataan Rekening Bank. Lampirkan halaman pertama dari buku tabungan.
  2. Pengajuan Beasiswa hanya dilakukan 2 kali dalam 1 tahun
  • Beasiswa Semester Gasal : paling lambat 31 Mei
  • Beasiswa Semester Genap : paling lambat 31 Oktober

 

baca juga :

Enjoy this blog? Please spread the word :)