Kunjungan ke Sekolah SD Katolik Bhakti Rogojampi


Kali ini, 14 Desember 2017, relawan AAT ( Anak Anak Terang ) Pusat dan Sekretariat Malang mengunjungi SD Katolik Bhakti Rogojampi. Letaknya di ujung timur Banyuwangi/Pulau Jawa. Dekat dengan selat Bali. Ini adalah sekolah di bawah Yayasan Pendidikan Karmel Keuskupan Malang. SD Katolik Bhakti Rogojampi adalah salah satu sekolah yang dibantu beasiswa oleh Yayasan AAT Indonesia ( Anak Anak Terang ). 304 km jaraknya dari kota Malang.

Kami berempat, Adhi, Emi, Tata, Ella berkunjung ke SD Katolik Bhakti Rogojampi dengan tujuan sosialisasi pengelolaan beasiswa Anak Anak Terang dan pelatihan Sistem Informasi Anak Asuh (SIANAS). Pelatihan SIANAS ini dimaksudkan untuk mendorong penggunaan sistem online untuk pelaporan mandiri oleh pihak sekolah. Selama ini pelaporan beasiswa dari pihak sekolah dilakukan oleh Pendamping Komunitas (relawan mahasiswa).
Untuk memperlancar pelaporan beasiswa dan mempercepat proses pelaporan, kini, Penanggung Jawab(PJ) Sekolah dilibatkan aktif.

Kami disambut dengan sangat luar biasa oleh pihak sekolah. Kebetulan Kepala Sekolah SDK Bhakti Rogojampi di sedang rapat di Malang. Di SDK Bhakti Rogojampi, kami disambut oleh guru-guru yang memang masih berada sekolah usai jam pelajaran untuk menyelesaikan tugas-tugas administrasi sekolah.

Tahun ajaran 2017/2018 ada 2 Anak Asuh Anak Anak Terang dari SDK Bhakti Rogojampi. Semoga di Tahun Ajaran 2018/2019, SDK Bhakti Rogojampi dapat mengajukan calon penerima beasiswa baru. Tentunya dengan segala kesiapan Penanggung Jawab Sekolah untuk sistem pelaporan beasiswa yang baru yaitu dengan sistem online. PJ Sekolah langsung memiliki ID PJ dan akses langsung ke SIANAS yang terhubung dengan AAT dan donatur.

Sosisalisasi dilakukan oleh Penanggung Jawab Sekretariat Malang (Emi), dan relawan Pendamping Komunitas Sekretariat Malang. Dan saya berkeliling sekolah untuk peliputan dokumentasi sekolah. Melihat kelas-kelas yang ada, wawancara dengan para guru yang masih ada di sekolah.


Karena sekarang masa menyambut Natal, ornament kemeriahan Natal ada di mana-mana. Di setiap kelas ditemukan pohon-pohon Natal dan hiasan Natal lainnya. Pohon Natal dan hiasan Natal ini hasil karya anak-anak didik SDK Bhakti Rogojampi. Di tembok sekolah terdapat lukisan 3D hasil karya para guru.
Natal kali ini menjadi berbeda dari Natal-Natal sebelumnya. Menyambut Natal, sekolah mengadakan kompetisi lomba membuat pohon Natal dan hiasan Natal dari barang-barang bekas tak terpakai yang mudah ditemukan di sekitar sekolah. Dari mulai tas plastik bekas, kertas warna bekas, kawat bekas, bungkus mie instan dan lain-lain yang bekas-bekas. Selama ini barang-barang ini hanya menjadi sampah yang dibuang saja. Tapi kali ini, dengan modal minimal hasil maksimal, sekolah memancing kreatifitas para murid dan para guru untuk merubah sampah menjadi berkah meriah. Dalam waktu 3 hari, semua murid, guru, wali murid, paguyuban sekolah, dan komite sekolah berlomba-lomba membuat pohon natal yang paling indah.

Tujuan diadakan acara lomba ini, menurut Bapak Kepala Sekolah Bpk Rio Moll Kondou, melalui wawancara telepon, adalah untuk menumbuhkan kreatifitas tanpa batas para murid dari bahan-bahan bekas yang tampaknya tidak bisa dipakai lagi. Dan, untuk mengurangi budaya konsumtif di diri anak anak murid sejak dini. Anak jaman sekarang begitu mudah mendapatkan segala sesuatu dengan cara instan. Kali ini mereka harus berusaha menciptakan sesuatu.

Good job anak anak! Good job Sekolah! SemangAAT!

Salam Anak Anak Terang. From Rogojampi with love

Please follow and like us:

One thought on “Kunjungan ke Sekolah SD Katolik Bhakti Rogojampi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enjoy this blog? Please spread the word :)