Profil SLB

Home / Profil Sekolah / Profil SLB

Profil SLB YAPENAS.

Sekolah Luar Biasa (SLB) YAPENAS adalah sekolah swasta di bawah pengelolaan Yayasan Penyelenggara Pendidikan Nasional yang beralamat di Jln. Sepakbola Nglaren Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Nama Kepala Sekolahnya yaitu Marjani, M.Pd. Sekolah ini berdiri sejak tahun 1983 dengan jumlah guru sebanyak 24 Pendidik dan 6 PTT.

Peserta didik yang bersekolah di SLB YAPENAS adalah anak-anak berkebutuhan khusus seperti tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunaganda, autis, dan ADHD ( hiperaktif ) tunaganda. Jumlah murid keseluruhan ada 86 siswa yang terdiri dari jenjang TKLB, SDLB, SMPLB, SMALB, serta Kelas keterampilan.

Setelah lulus, siswa SLB YAPENAS masih mendapatkan perhatian, yaitu bekerja di Sanggar Kerja Sekolah. Pada saat sekarang ini, SLB YAPENAS telah melaksanakan kegiatan untuk kemandirian bagi peserta didik SMALB dan Alumni SLB YAPENAS serta Alumni SLB lain yang berminat bekerja di SLB YAPENAS. Sebagai contoh, pada tiga tahun terakhir ini SLB YAPENAS sudah melaksanakan program kewirausahahan seperti menjahit tas, membuat permen asem, membuat pigura dari kayu, dan membuat mainan anak-anak. Untuk produksi tas sudah dipasarkan sampai ke luar daerah seperti Medan, Lombok, Surabaya, dan Bali.

Rata-rata kemampuan ekonomi keluarga peserta didik di SLB YAPENAS adalah menengah ke bawah. Mereka adalah masyarakat wilayah Condongcatur yang bekerja sebagai buruh tani dan tukang bangunan.

Enjoy this blog? Please spread the word :)