Profil SMA

Home / Profil Sekolah / Profil SMA

Profil SMA Pius Gombong.

SMA Pius Gombong terletak di Gombong, Kabupaten Kebumen. Sekolah ini terletak di Jalan Tentara Pelajar 288, Gombong. Sekolah yang sudah beroperasi sejak tahun 1989 ini berdiri di bawah naungan Yayasan Pius Pusat.
SMA Pius Gombong didirikan di atas tanah seluas 3993 meter persegi/SHM dengan luas bangunan 2259 meter persegi. SMA Pius Gombong memiliki 6 ruang kelas yang terdiri atas kelas X berjumlah 2 kelas, kelas XI IPA dan IPS berjumlah masing-masing 1 kelas dan kelas XII IPA dan IPS masing-masing berjumlah 1 kelas. Selain itu terdapat Ruang Musik, Laboratorium Biologi, Laboratorium Kimia, lapangan upacara, kamar mandi, dan lapangan basket. SMA Pius juga memiliki Laboratorium Komputer, namun jumlah komputer yang ada tidak mencukupi dengan jumlah siswa.

SMA Pius Gombong memiliki total siswa sejumlah 127 siswa (statistik terakhir tahun ajaran 2013/2014) dengan jumlah guru 16 orang yang terdiri atas 6 guru tetap dan 10 guru tidak tetap dan dikepalai oleh Dra. St. Aprilia Suprihartini.

SMA ini sedang menjalani rehabilitasi gedung. Untuk mendapatkan dana, sekolah diberi bantuan oleh Pemerintah dengan target yang sudah ditentukan. Siswa tidak pernah dikenakan biaya pemeliharaan gedung, hanya dikenakan biaya SPP.

SMA Pius Gombong sering mengadakan kegiatan pada hari-hari nasional, seperti pada Hari Sumpah Pemuda, Natal, dan lain sebagainya. Sekolah biasanya mengadakan lomba-lomba pada hari-hari tersebut dengan bermodalkan barang-barang seadanya. Ada pula kegiatan SMA Pius Gombong terkait bakti sosial yaitu pemberian sembako pada warga di sekitar lingkungan sekolah. Ketekunan dan kreativitas siswa senantiasa terus digali sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas. SMA Pius Gombong meraih banyak kejuaraan, baik dalam bidang akademis maupun non akademis seperti taekwondo, tinju, musik, dan pencak silat. Prestasi terakhir adalah menduduki peringkat 5 besar Olimpiade Sains tingkat kabupaten.

 

Profil SMA Sanjaya XIV Nanggulan.

SMA Sanjaya XIV Nanggulan terletak di Jalan Raya Sentolo, Muntilan. Sekolah ini di bawah naungan Yayasan Bernardus yang merupakan yayasan milik Keuskupan Agung Semarang. SMA Sanjaya XIV Nanggulan terakreditasi B dan memiliki berbagai prestasi, baik akademik maupun non akademik. Prestasi itu didapat dari berbagai kejuaraan yang diikuti, baik tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi.

Di tahun 2013 ini, SMA Sanjaya XIV Nanggulan memiliki 62 siswa dengan Jumlah guru 17 orang yang rata-rata sarjana S1 dan jumlah karyawan 3 orang. SMA Sanjaya XIV Nanggulan hanya membuka jurusan IPS saja untuk kelas XI dan XII.

Sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah ini antara lain: ruang Musik lengkap dan ber-AC, GOR yang luas sebagai sarana siswa melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler, ruang Guru, ruang TU, ruang Kepala Sekolah, ruang BP dan ruang Perpustakaan. Ekstrakurikulernya ada musik, bulutangkis, dan futsal. Daerah tempat tinggal anak asuh sebagian besar berada di Perbukitan Menoreh yang orangtuanya bekerja sebagai buruh atau petani dengan penghasilan yang tidak menentu.

 

Profil SMA Sint Louis Madiun.

SMA Sint Louis Madiun bertempat di Jalan Karya Bakti 1 Madiun, Kecamatan Taman, Madiun. SMA Sint louis Madiun berdiri sejak tahun 1980 dan sudah Terakreditasi B.

SMA Sint Louis Madiun memiliki jumlah peserta didik sebanyak 78 siswa. Tiap kelas XII sampai kelas XI ada 26 siswa. Jumlah gurunya ada 16 yang bertingkat pendidikan S1,S2, D4, dan SMA.

SMA Sint Louis Madiun memiliki 26 ruang yang terdiri dari 8 ruang kelas, 1 Ruang Lab. IPA, 2 Ruang Komputer, 1 Ruang Perpustakaan, 1 Ruang UKS, 1 Ruang BP/BK, 1 Ruang Kasek, 1 Ruang Guru, 1 Ruang TU, 6 kamar mandi, dan 2 Ruang Gudang. Sebagian ruangan dari SMA Sint Louis digunakan oleh SMF Bina Farma yang masih satu yayasan. Ruang yang digunakan berjumlah 4 ruang. Kondisi rungan di depan kantor kayunya hampir roboh. Sedangkan kondisi ruangan yang lainnya sepert Lab, ruang kelas, dan kamar mandi masih baik.

 

Profil SMA Sint Louis Semarang.

SMA Sint Louis Semarang bertempat di jalan Dr. Wahidin 110, Kec. Candi Sari, Semarang. SMA ini di bawah pengelolaan Yayasan Panti Asuhan Katolik (PAK) dengan status sekolah terakreditasi “A”. Siswa di SMA Sint Louis berjumlah 457 siswa. Jurusan yang terdapat pada SMA ini ada 2, yaitu IPA dan IPS. Guru yang mengajar berjumlah 30 orang, dengan guru tetap yayasan 19 guru dan guru tidak tetap 11 guru. Latar belakang pendidikan para guru adalah 1 guru D3, 25 guru S1 dan 4 guru S2.

SMA Sint Louis memiliki 6 ruang kelas untuk kelas X, 2 ruang kelas XI IPA, 2 ruang kelas XI IPS, 3 ruang kelas XII IPA dan 4 ruang kelas XII IPS. Selain didukung dengan ruang kelas yang memadai, fasilitas di SMA Sint Louis juga cukup lengkap, seperti Ruang Kepala Sekolah, Ruang Guru, Ruang Tata Usaha, Perpustakaan, Aula dengan kapasitas kursi 200 orang, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Ruang Audio Visual, Laboratorium Kimia, Fisika, Biologi, dan lapangan untuk basket, voli, dan futsal. SMA Sint Louis ini juga memiliki beberapa kegiatan ekstrakurikuler, seperti KIR, basket, voli, futsal, band, dan renang demi meningkatkan prestasi anak didiknya, baik secara akademi maupun non akademi.

 

Profil SMA Yos Sudarso Cilacap.

Wawancara dilaksanakan Minggu, 9 Juni 2013.

SMA Yos Sudarso bertempat di Jalan Jenderal Ahmad Yani No 54, telepon 533754, di bawah pengelolaan Yayasan Sosial Bina Sejahtera, dengan status  terakreditasi “A”. SMA Yos Sudarso memiliki banyak piala kejuaraan yang telah didapatkan. SMA Yos Sudarso memiliki 506 siswa-siswi, dengan jumlah guru dan jumlah karyawan ada 52 guru. Jumlah semua kelasnya ada 21 yang terdiri dari 3 jurusan yaitu IPA, IPS, dan Bahasa yang masing-masing angkatan terbagi menjadi 7 kelas.

Di sana terdapat ruang Laboratorium Bahasa, Komputer, Biologi, Fisika dan Kimia. Ada juga ruang kesenian, seperti seni tari, seni musik, seni lukis. Fasilitasnya pun lengkap, ada lapangan basket dan futsal, ruang olah raga dengan alat-alatnya seperti untuk lompat harimau, matras, untuk lompat tinggi, bola basket, bola sepak, dan ada ruangan untuk musolah serta kapel. Selain itu, terdapat kamar mandi untuk guru, murid pria dan wanita, juga tempat air untuk wudu. Terdapat juga tempat sampah di depan-depan kelas dan terdapat juga tempat untuk parkir yang cukup luas untuk sisiwa-siswi dan guru.

Daerah tempat tinggal anak-anak asuh berada di pinggiran pantai yang sebagian besar orang tua mereka bekerja sebagai nelayan dan sebagian kecil bekerja sebagai buruh atau kuli, bahkan ada yang tidak bekerja.

 

Profil SMA Yos Sudarso Sokaraja.

SMA Yos Sudarso Sokaraja terletak di Jln. Letjend. Supardjo Rustam Tromol Pos 1 Sokaraja Kabupaten Banyumas. Merupakan sekolah swasta yang berdiri pada tahun 1986 dan diperkuat dengan SK pendirian sekolah dari kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah, Bp. H. Soewardi pada Rabu, 28 Desember 1988. Berada dibawah naungan Yayasan Bina Sejahtera (YSBS) Sekretariat Purwokerto, Kabupaten Banyumas dengan status terakreditasi A.

Sekolah ini memiliki jumlah siswa 158 anak (pada tahun pelajaran 2012/2013). Tenaga pengajar/guru SMA Yos Sudarso berjumlah 25 orang. Secara rinci, mereka adalah para alumni dari Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, dan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

SMA Yos Sudarso Sokarja memiliki 9 kelas yaitu 2 kelas untuk kelas X, 4 kelas untuk kelas XI, dan 3 kelas untuk kelas XII. Fasilitasnya cukup banyak, terdapat Ruang Multimedia, Ruang Lab Bahasa, Perpustakaan, Ruang Doa, Ruang Lab Komputer, Aula, dan Lapangan Olah Raga. Para siswa-siswi SMA Yos Sudarso Sokaraja juga memiliki banyak prestasi di berbagai even lomba.

Sebagian besar siswa di sana berasal dari Kecamatan Sokaraja, Kalibagor dan Kecamatan Banyumas. Mayoritas tinggal di pinggiran kota dengan rata-rata pekerjaan orang tuanya sebagai buruh/tidak tetap.

Enjoy this blog? Please spread the word :)